WA : 0818-0607-5039 / 0819-807-878

WA : 0818-0607-5039  /  0819-807-878

8 Langkah Hemat Energi

Yuk! Mulai lakukan penghematan energi sekarang. Anda bisa melakukannya mulai dari kehidupan sehari-hari, berikut adalah langkah-langkahnya.

Kaca Skylight

Akhir-akhir ini gejala menuju krisis energi dan bahan bakar semakin terasa. Pada situasi seperti ini, hal yang sebaiknya yang dilakukan adalah dengan melakukan penghematan energi atau penciptaaan energi alternatif yang ramah lingkungan. 

Penghematannya pun bisa Anda mulai di rumah Anda. Manfaatnya pun tak hanya terasa pada penghematan budget saat membayar listrik, bahkan bisa lebih dari itu. Seperti manfaatnya bisa dirasakan oleh semua orang bahkan dapat memperbaiki bumi kita. Karena pada dasarnya penghematan energi adalah bagian penting untuk mencegah atau mengurangi perubahan iklim. 

Berikut ini adalah langkah sederhana untuk menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menggunakan lampu hemat energi, misalnya lampu neon yang lebih bersifat hemat energi daripada lampu bohlam. Pada siang hari lebih baik Anda menggunakan penerangan alami secara optimal.

2. Membiasakan diri untuk menggunakan listrik saat diperlukan, secara bergantian dan tidak berlebihan.

3. Selalu ingat mematikan televisi, keran air, komputer atau lampu jika sudah tidak digunakan. Jika memungkinkan sebaiknya mengeringkan pakaian secara alami di bawah sinar matahari.

4. Menggunakan alat rumah tangga atau kantor yang bersifat hemat energi dan ramah lingkungan, seperti pendingin ruangan dan kulkas dengan freon yang ramah lingkungan 

5. Mendesain rumah atau gedung hemat energi, misalnya pencahayaan yang baik dengan cukup ventilasi, sehingga mengurangi penggunaan lampu di siang hari, mempergunakan bahan atap bangunan yang dapat mendinginkan suhu di dalam ruangan seperti atap berbahan tanah atau keramik, menaruh tanaman hias di dalam rumah untuk menyejukkan udara di dalam ruangan dan sebagainya. 

6. Mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang bersifat menghemat energi. 

7. Memakai jenis pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca dan suhu udara, sehingga mengurangi penggunaan energi untuk pendingin atau pemanas ruangan. 

8. Mengembangkan dan melakukan penelitian untuk energi alternatif, misalnya energi biodiesel.

 Sumber: kompas.com

Subscribe to receive free email updates: