WA : 0818-0607-5039 / 0819-807-878

WA : 0818-0607-5039  /  0819-807-878

Skylight Beratap Kaca Solusi Cahaya Pada Rumah Tropis

Konsep Desain Rumah Tropis akan mengoptimalkan potensi iklim tropis dan mengurangi dampak/ pengaruh buruk iklim tropis. Dengan kata lain konsep desain rumah tropis adalah konsep desain yang mampu beradaptasi dengan iklim tropis.

Untuk kita yang berada di kawasan tropis, maka bentuk rumah yang sesuai  untuk kita tempati adalah rumah dengan arsitektur tropis modern. Mengatasi masalah pencahayaan sinar matahari di siang hari merupakan salah satu cara dalam mendesain rumah di kawasan tropis. Skylight atau lubang bukaan cahaya pada bagian atap maupun dinding bagian atas merupakan solusi tepat untuk mengatasinya.

Kaca Skylight

Skylight tak hanya pada fungsi pengaturan cahaya, seperti pada bangunan rumah kos di Jl. Pulo - Kebayoran Baru - Jakarta Selatan diatas, yang menggunakan elemen kaca tempered pada bagian atapnya, akan tetapi dengan gencarnya isu lingkungan saat ini pencahayaan alami dianggap lebih hemat energi dan lebih sehat. Terutama kawasan tropis seperti Indonesia, dengan jumlah sinar matahari yang mencukupi sangat mendukung penggunaan pencahayaan alami.

Penggunaan skylight di rumah tinggal bisa digunakan di ruang keluarga, dapur, kamar mandi, ataupun kamar tidur. Penggunaan skylight dengan jendela terbuka paling pas digunakan pada area dapur. Skylight bisa menjadi sarana untuk pergantian udara di dapur, asap masakan dapat keluar melalui skylght digantikan dengan udara segar yang masuk. Memasak di dapur menjadi nyaman karena suasana yang terang dan tidak pengap.

Skylight dapat digunakan dengan mengandalkan dua fungsi, yang pertama yaitu sebagai estetika, yakni sebagai bentuk keindahan yang bisa disajikan dalam rumah, misalnya saja, langit-langit rumah di bagiaan ruang tamu yang transparan, melalui skylight, cahaya rembulan dapat masuk atau kita dapat melihat langit penuh bintang dari dalam rumah, seperti terlihat di ruang keluarga rumah Bapak Sutarno, di Cluster Ciater Permai

Atap Kaca Skylight

Selanjutnya adalah fungsi utilitas, yakni kegunaan skylight di dalam rumah misalnya sebagai pembantu penerangan, agar hemat listrik misalnya pada siang hari tidak memerlukan cahaya lampu. Umumnya skylight berfungsi seperti ini terdapat di bagian dapur atau bagian belakang dalam rumah, yang ruangnya tertutup ataupun tidak memiliki jendela. Contoh lainnya adalah skylight yang berada pada void tangga kelantai atas, seperti tampak pada rumah di Villa Permata Gading - Jakarta Utara dibawah ini.

Atap Kaca Skylight

Selain di dalam rumah, skylight juga dapat difungsikan diberbagai tempat yang berfungsi sebagai fasilitas umum. Misalnya pusat pertokoan atau rumah toko (ruko). Di pusat-pusat kota dapat kita jumpai gedung-gedung fasilitas umum yang dirancang dengan atap transparan agar kesannya tetap outdoor atau berada di luar ruangan, meskipun beratap, karena fungsi atapnya adalah agar terlindungi dari panas yang berlebihan.

Atap Kaca Transparan

Terminal yang ada di kawasan Jakarta Selatan ini mulai direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta pada pertengahan 2013 lalu. Terminal ini diklaim sebagai terminal percontohan dan yang paling modern di Jakarta. Sebab, terminal ini terintegrasi dengan selter TransJakarta dan stasiun kereta api.

Bangunan terminal berlantai empat dengan didominasi kaca dan cat berwarna putih. Satu sisi atap gedung berbentuk setengah lingkaran bergaya seperti zaman kolonial.


Subscribe to receive free email updates: