WA : 0818-0607-5039 / 0819-807-878

WA : 0818-0607-5039  /  0819-807-878

Atap Kaca Skylight Pada Bangunan Rumah Modern

Atap Kaca Skylight dimaksudkan untuk mendapatkan cahaya alami matahari, yang juga berfungsi sebagai penerangan dalam sebuah ruangan. Pada awalnya fungsi dari Skylight ini terjadi karena ada ruang dalam bangunan yang tidak bisa mendapatkan cahaya langsung dari luar.

Saat ini di luar fungsi utamanya, Atap Kaca Skylight sudah banyak diterapkan pada rumah-rumah bergaya modern untuk membuat efek-efek cahaya yang dramatis pada ruangan di bawahnya, serta memperkuat kesan modern pada bangunan.

Atap Kaca Skylight

Seiring dengan perkembangan waktu, kini Skylight tidak hanya dimanfaatkan sebagai model pencahayaan ruangan, tetapi juga telah berkembang menjadi panoramic roof yg banyak diaplikasikan dalam bentuk kanopi.

Atap Kaca Skylight adalah kanopi kaca dalam bentuk jendela horizontal atau kubah dan umumnya ditempatkan di atap bangunan, dengan maksud untuk pencahayaan ruang. Skylight diakui lebih banyak memasukan cahaya persatuan luas dibanding dengan jendela, dan mendistribusikan cahaya secara lebih merata.

Atap Kaca Skylight

Pengaplikasian Skylight dapat melayani banyak tujuan, diantaranya mencerahkan ruangan kusam atau gelap secara alami yaitu dengan cara membiarkan sinar dari matahari masuk kedalam, juga dapat meningkatkan desain ruang yang tak bernyawa, serta membantu mengatur suhu dalam ruang.

Ada berbagai jenis model Atap Kaca Skylight produk dari Innovation Techno Glass untuk inspirasi bangunan rumah anda, beberapa diantaranya dirancang untuk penggunaan dengan tujuan yg tertentu, akan tetapi sebagian besar akan memenuhi beberapa fungsi.

Ketika Anda memilih sebuah skylight hal pertama yang kebanyakan orang lihat adalah segi bentuk. Jika Anda hanya membutuhkan cahaya matahari saja, kemungkinan Anda hanya membutuhkan sebuah panel kaca persegi atau persegi panjang datar saja untuk tujuan tersebut.

Atap Kaca Skylight

Akan tetapi jika Anda mencari sesuatu yang lebih menarik, Innovation Techno Glass siap membantu  mengaplikasikan skylight dalam bentuk kubah, segi enam, melengkung, bentuk piramida, bentuk poligon, atau mungkin Anda memiliki bentuk tertentu untuk dibuatkan sesuai dengan spesifikasi Anda sendiri, namun harga skylight akan semakin mahal dengan mengikuti bentuk yang lebih kompleks.

Atap Kaca Skylight memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam kamar dan ini akan membuat kamar terlihat lebih luas dan indah. Peningkatan cahaya alami akan membantu anda mengurangi biaya energi listrik secara keseluruhan.

Skylight dengan sistem bukaan udara dapat menyediakan ventilasi yang baik terutama bagi kamar yang tidak memiliki ventilasi.

Atap Kaca Skylight

Beberapa hal berikut yang perlu Anda pertimbangkan dalam pembuatan atap kaca skylight pada bangunan idaman. Penentuan desain, pemilihan bahan dan komponen penyusunannya adalah poin terpenting yang mesti diperhitungkan baik-baik, sebab keamanan penghuni menjadi jaminannya.

POSISI ATAP KACA SKYLIGHT

Secara umum tidak ada tempat baku untuk pemasangan skylight. Skylight dapat Anda aplikasikan di tempat mana saja di dalam rumah sesuai kemauan Anda. Tempat seperti ruang keluarga, kamar mandi, ataupun dapur bisa Anda gunakan. Namun disarankan sebaiknya pemasangan atap kaca skylight Anda aplikasikan pada tempat yang memiliki kelembaban ruang tinggi, seperti dapur, kamar mandi dan inner courtyard.

PEMILIHAN MATRIAL PEMBENTUKNYA

Karena fungsinya sebagai bukaan pada rumah rumah, bahan yang dipakai pada skylight menggunakan bahan transparan seperti kaca, plastik polykarbonat dan fiber. Gunakanlah material yang ringan namun cukup kuat, sehinga akan dapat mengurangi beban pada atap yang nantinya bisa memicu keretakan dan kebocoran.

Jika bahan kaca ingin Anda gunakan sebagai penutup atap, pilih kaca berjenis tempered karena kaca ini mempunyai kekuatan lebih daripada jenis kaca lain. Intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah bisa Anda atur sesuai dengan keinginan agar ruangan tidak terlalu panas dengan cara memberikan lapisan pada bahan atap berupa sandblast ataupun sticker film.

KOMPONEN INSTALASI SKYLIGHT

Tiga hal pokok ini harus Anda pehatikan baik-baik saat membuat atap skylight.
  • Pertama, buatlah lubang sesuai dengan ukuran yang telah Anda rencanakan pada tempat yang telah ditentukan. 
  • Selanjutnya, untuk membuat bukaan Anda bisa memasang rangka skylight yang telah disiapkan pada spot yang telah Anda tentukan. 
  • Terakhir, pasang light shaft (lubang cahaya) sebagai penghubung antara langit-langit dan atap. Sebagai finishing, Anda bisa menggunakan drywall ataupun bahan lainnya yang dipakai sebagi finishing guna menutupi lubang cahaya serta memberikan sekat pada area loteng.

Subscribe to receive free email updates: