WA : 0818-0607-5039 / 0819-807-878

WA : 0818-0607-5039  /  0819-807-878

Memilih dan Meletakan Skylight

Mendapatkan pencahayaan yang cukup dari sinar matahari di siang hari merupakan salah satu ciri dari rumah sehat. Selain jendela dan pintu , ada elemen bangunan lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan pencahayaan alami tersebut yaitu Skylight.

Atap Kaca Skylight

Namun perlu Anda ketahui bahwasannya Skylight tidak bisa ditempatkan pada sembarang tempat, karena posisi atau letak Skylight yang berbeda akan memberikan efek pencahayaan dan panas yang akan tidak sama pada ruang. Oleh karena itu Anda musti paham tehnik untuk memilih dan meletakkan posisi Skylight tersebut.

Adapun beberapa tips untuk pemasangan skylight yang tepat, adalah :

1. Untuk mengantisipasi panas matahari langsung, letakkan Skylight menghadap arah Utara atau Selatan. Tempatkanlah posisi dimana simar matahari akan bisa masuk secara optimal kedalam ruangan hingga pukul 10.00–11.00 WIB. Selanjutnya, sinar yang masuk merupakan sinar tidak langsung (indirect ray).

2. Aplikasikan pada ruang yang memiliki ukuran yang besar, guna menghindari hawa panas dalam ruang, bilama ditempatkan pada ruang yang kecil, maka musti dipikirkan adanya jendela sebagai sirkulasi udara

3. Buatlah struktur kerangka yang kokoh dengan bentuk grid/kotak kotak lurus yang menggunakan material logam seperti besi hollow, baja wf, stainless atau almunium, mengingat Skylight yang baik menggunkan atap dari elemen kaca tempered atau laminated

4. Perrhatikanlah jenis kaca yang akan digunakan. Gunakan selalu kaca berjenis tempered atau laminated karena jenis kaca ini mempunyai tingkat keamanan yang tinggi,  dan Anda dapat menambahkan lapisan lapisan kaca film guna mereduksi sinar panas matahari yang datang.

5. Bilamana skylight ditempatkan pada ruang keluarga, maka buatlah innercourt atau taman alami disekitarnya, karena sinar alami matahari yang terpancar langsung ke taman akan menghadirkan hawa alami di dalam rumah. 

6. Skylight bisa menjadi “langit” di dalam rumah Anda. Caranya, pasang saja di ruang bawah atap (attic). Di sini, Anda bisa duduk-duduk sambil melihat langit biru nan cerah, tetesan air hujan, ataupun bintang-bintang pada malam hari.

Subscribe to receive free email updates: