WA : 0818-0607-5039 / 0819-807-878

WA : 0818-0607-5039  /  0819-807-878

Atap Kanopi Kaca Terminal Manggarai

Dari letaknya, kanopi kaca ada yang dibuat di atas atap datar dak beton tapi ada juga yang dibuat di atas atap miring. Untuk kanopi kaca dengan bidang kaca yang cukup lebar umumnya disarankan menggunakan kaca tebal jenis tempered glass (seperti kaca mobil) yang lebih tahan terhadap tekanan dan apabila pecah tidak membahayakan penghuni yang ada di bawahnya.

Tetapi ada juga material penutupnya menggunakan polycarbonate, solar tuff, fiberglass atau sejenisnya, walaupun material ini dirasa kurang matching dipergunakan bilama kita hendak memperoleh tampilan yang mewah dan modern.

Kanopi Kaca

Selain di bangunan rumah, atau perkantoran kanopi kaca juga dapat difungsikan diberbagai tempat yang berfungsi sebagai fasilitas umum. Misalnya pusat pertokoan atau rumah toko (ruko). Di pusat-pusat kota dapat kita jumpai gedung-gedung fasilitas umum yang dirancang dengan atap transparan agar kesannya tetap outdoor atau berada di luar ruangan, meskipun beratap, karena fungsi atapnya adalah agar terlindungi dari panas yang berlebihan. seperti yang dilakukan oleh Pemprov DKI yang melakukan renovasi bangunan Terminal Modern Manggarai juga mengaplikasikan Kanopi Kaca pada lintasan jalur kendaraannya.

Terminal bus kota merupakan sebuah sarana transportasi darat yang menghubungkan antara daerah yang satu dengan yang lain dalam satu wilayah kota maupun antar provinsi. Oleh karena terminal bus merupakan sebuah gerbang transportasi darat yang penting maka terminal bus juga perlu menunjukan citranya sebagai gerbang daerah.

Secara fisik Terminal Manggarai merupakan bangunan yang modern terklasifikasi sebagai terminal yang terintegrasi dengan Stasiun Kereta Manggarai. Elemen pembentuk bangunan membentuk anatomi bangunan yang terdiri dari atap berserta struktur yang menopangnya. Pada bagian atap Terminal Manggarai menggunakan struktur atap baja dengan material penutup kaca transparant.

Kanopi Kaca
.
Kanopi Kaca disini tak hanya pada fungsi pengaturan cahaya. Apalagi, dengan gencarnya isu lingkungan saat ini. Pencahayaan alami dianggap lebih hemat energi dan lebih sehat. Terutama kawasan tropis seperti Indonesia, dengan jumlah sinar matahari yang mencukupi sangat mendukung penggunaan pencahayaan alami.

Terminal Manggarai ini memiliki dua lantai dan dilengkapi fasilitas seperti eskalator, lift, serta ruang tunggu yang dilengkapi pendingin ruangan.Terminal ini nantinya akan mengintegrasikan moda angkutan umum TransJakarta dengan Kereta Api.

Kanopi Kaca

Kanopi Kaca pada terminal ini memiliki dua fungsi, yang pertama yaitu sebagai estetika, yakni sebagai bentuk keindahan yang bisa disajikan dalam bangunan fasilitas umum. Selanjutnya adalah fungsi utilitas, yakni kegunaan Kanopi Kaca itu sendiri di dalam sebuah bangunan misalnya sebagai pelindung pengunjung dari terpaan air hujan dan panas matahari, selain itu pengadaannya akan menghemat biaya listri karena pada siang hari tidak memerlukan cahaya lampu.

Dari letaknya, Kanopi Kaca ini  dibuat dalam bentuk atap datar dengan mempergunakan tiang tiang penyangga baja WF yang dicover dengan material Aluminium Composite Panel (ACP). Sebagai material atap dipergunakan  jenis kaca laminated, yang lebih tahan terhadap getaran dan tekanan, apabila pecah tidak akan membahayakan penghuni yang ada di bawahnya.

Kanopi Kaca

Jika Anda ingin menghadirkan kesan modern pada bangunan rumah, gedung atau fasilitas umum, maka tidak ada salahnya bila Anda memilih bahan kaca dari jenis tempered atau laminated. Bahan tersebut bisa memberikan kesan modern sehingga tampilan  desain rumah/bangunan Anda akan lebih menarik.


Subscribe to receive free email updates: